Kumpulan Misteri Di Seluruh Dunia

astronom forensik memecahkan misteri frankenstein

"Bagaimana saya, maka seorang gadis muda, datang untuk memikirkan, dan untuk melebarkan atas, jadi sangat mengerikan ide?" - Mary Shelley, Pengantar 1.823 edisi Frankenstein
Sejak Mary Wollstonecraft Shelley mengidentifikasi dirinya sebagai penulis Frankenstein - dianggap oleh banyak orang sebagai ilmu yang sangat pertama novel fiksi - ketika edisi kedua diterbitkan pada tahun 1823, kontroversi telah mengamuk di account-nya tentang bagaimana ia datang untuk menulis cerita horor dijelaskan dalam kata pengantar nya. 

Memang, beberapa kritikus yakin dia tidak menulis semuanya, dan suaminya, Percy Bysshe Shelley, adalah penulis yang sebenarnya. 

Sekarang astrofisikawan dan "astronom forensik" di Texas State University bernama Donald Olson telah menyimpulkan bahwa tidak ada alasan yang tepat untuk meragukan akun Shelley tentang yang terinspirasi setelah mengalami "mimpi bangun" sebagai cahaya bulan mengalir melalui jendela kamar tidurnya. 

Temuan-Nya muncul dalam edisi November 2.011 dari Sky dan Telescope.

Olson adalah seorang astrofisikawan dengan pelatihan, memulai karirnya mengkhususkan diri dalam relativitas umum dan simulasi komputer lubang hitam dan distribusi galaksi. Tapi dia mengatakan kepada majalah Smithsonian di tahun 2009 bahwa 20-aneh tahun lalu, ia dan istrinya Marilynn, seorang profesor sastra, berada di sebuah pesta makan malam ketika salah satu dari rekan-rekannya mengaku berjuang dengan bagian dalam Chaucer "Tale The Franklin." 

 
Chaucer, bagi mereka dengan hanya keakraban lewat dengan penulis, adalah seorang astronom amatir yang agak dicapai pada zamannya, setelah menulis sebuah risalah pada seluruh astrolabe, biasanya digunakan untuk menghitung posisi bintang dan planet. Jadi, tidak mengherankan bahwa The Canterbury Tales, karyanya yang terbesar, yang penuh dengan referensi ke langit malam. 

Olson dianalisis satu baris pada khususnya: ". Dan dengan sihirnya selama seminggu atau lebih / Tampaknya batu pergi, dia membersihkan pantai" Menggunakan simulasi komputer, Olson menyimpulkan bahwa adegan yang digambarkan oleh penyair terjadi pada 1340, ketika matahari dan bulan yang paling dekat dengan Bumi dan gravitasi gabungan mereka (ditambah gerhana matahari untuk mengukur baik) dibuat untuk pasang yang sangat tinggi di lepas pantai Brittany. 

Sejak saat itu, ia memiliki bug untuk apa yang disebutnya Ia telah menganalisis foto-foto Ansel Adams, misalnya "astronomi forensik.", Dan lukisan van Gogh dan Edvard Munch. 

Misalnya, pada tahun 1995 ia menyimpulkan bahwa Munch yang paling terkenal lukisan, The Scream, harus telah terinspirasi oleh langit berwarna merah darah yang sebenarnya artis disaksikan di Oslo pada tahun 1893, akibat dari letusan sebelumnya Gunung Krakatau, yang memuntahkan gas dan abu ke atmosfer, sehingga untuk beberapa spektakuler matahari terbenam yang cukup. 

Analisis Olson ini telah juga menjelaskan misteri sejarah. Dia membantu menjernihkan kebingungan Julius Caesar lokasi pendaratan sebenarnya ketika jenderal Romawi menyerbu Inggris pada 55 SM. Olson menyimpulkan bahwa tanggal yang diberikan dalam sejarah Caesar adalah salah: pendaratan (dekat kota Deal, hanya sebelah timur laut dari tebing Dover) terjadi pada tanggal 22 Agustus, atau 23 tidak 26 Agustus. 

 
Dan sekarang ia telah berbalik mata astronom yang tajam untuk inspirasi Mary Shelley untuk Frankenstein.

Cerita praktis legenda. Pada musim panas 1816 - an berkat musim sangat dingin dan hujan untuk letusan Gunung Tambora tahun sebelumnya - Shelley (18 tahun), masa suaminya Percy, dan rekan penulis John Polidari, mengunjungi Lord Byron di Diodati Villa di Danau Jenewa Swiss. 

Cuaca terus di dalam ruangan kelompok banyak waktu, mengobrol tentang menulis, ya, tetapi juga eksperimen yang melibatkan "galvanisme" - menerapkan arus listrik ke makhluk mati - dan kemungkinan membawa mayat hidup kembali. Oh, dan mereka juga membaca beberapa cerita hantu Jerman keras, yang memberikan Byron ide: "Hei! Mengapa tidak kita semua pergi dan menulis cerita sendiri supranatural kita? " 

Di sinilah kontroversi dimulai. Kebanyakan buku-buku sejarah melaporkan bahwa, sekitar "jam mempesonakan" (tengah malam), Byron membuat saran pada tanggal 16 Juni, dan ia mulai menulis hari berikutnya. Tetapi menurut Mary Shelley sendiri, inspirasi tidak menyerang langsung, dia teringat beberapa hari yang lewat di depannya Saat ia menggambarkannya dalam Pendahuluan nya: "mimpi bangun." 

Saya melihat mahasiswa pucat seni unhallowed berlutut di samping hal ia telah disatukan. Saya melihat fantasi mengerikan dari seorang pria berbaring, dan kemudian, pada kerja dari beberapa mesin yang kuat, menunjukkan tanda-tanda kehidupan, dan aduk dengan gerakan setengah gelisah penting.
 
Rekening lain masih Byron membuat saran pada tanggal 16 Juni, dengan Shelley yang terinspirasi untuk menulis hari kemudian pada tanggal 22 Juni. Masalahnya, kata Olson, adalah bahwa "perhitungan kami menunjukkan bahwa tidak benar, karena tidak akan ada cahaya bulan pada malam katanya bulan bersinar." Ini juga bertentangan dengan ayat 18 Juni di buku harian Polidari itu, di mana ia bercerita tentang pertemuan itu, dan tantangan Byron dan meratap, "hantu-cerita yang dimulai oleh semua kecuali aku." 

Jadi, apakah Mary Shelley menghiasi akunnya, semakin baik untuk memasarkan edisi kedua dari bukunya? Dia tidak akan menjadi penulis pertama untuk melakukannya - atau orang pertama untuk mengingat memori diproduksi dan belum secara tegas yakin itu terjadi hanya dengan cara itu. Tapi Olson menegaskan bahwa ingatannya saja - ia mulai menulis pada tanggal 17 Juni, dan memang ada terang bulan malam sebelumnya.
Untuk membuktikannya, Olson dan timnya pergi ke Diodati Villa di Danau Jenewa dan membuat banyak pengukuran, kemudian berkonsultasi catatan cuaca dari Juni 1816. Mereka menemukan bahwa "terang, bulan bungkuk akan membersihkan bukit untuk bersinar ke jendela kamar tidur Shelley saja sebelum 1 am pada 16 Juni." 

Adapun pendapat Shelley bahwa beberapa hari berlalu antara tantangan dan dia terinspirasi untuk menulis, Olson menunjukkan, "Tidak ada penyebutan secara eksplisit tanggal untuk saran cerita hantu di salah satu cerita utama - surat-surat, dokumen, buku harian, hal-hal seperti itu. Tidak ada yang tahu tanggal tersebut, meskipun asumsi bahwa hal itu terjadi pada tanggal 16 "Bahkan buku harian Polidari itu.. Tetapi orang-dokumen lakukan mempersempit rentang tanggal menjadi antara 10 Juni dan 16 Juni. Jadi beberapa hari bisa berlalu antara tantangan dan Shelley "mimpi bangun." 

Jadi jangan menelepon Mary Shelley pelupa, atau pembohong langsung, kritikus sastra! The bohong hanya dia mengatakan adalah salah satu tentang ilmuwan gila yang menciptakan sebuah rakasa - cocok fabrikasi untuk usia. 

Foto atas: Villa Diodati dan Bulan mencerminkan di Danau Jenewa muncul dalam ukiran tangan berwarna sekitar 1835, dari koleksi Donald Olson Center Tidak:. Sebuah adegan dari Mel Brooks 'foto Frankenstein muda Bawah:. Sebuah halaman dari rancangan Mary Shelley naskah Frankenstein, Wikimedia Commons.

sumber http://news.discovery.com/ 


0 Komentar untuk "astronom forensik memecahkan misteri frankenstein"

Back To Top